Menu Sahur Yang Sehat

 

Bersantap Sahur Dengan Makanan Sehat


Bulan Ramadhan tahun 2014 tinggal menghitung hari. Bulan penuh berkah ini menjadi masa yang dinanti kaum muslim sepajang tahun tentu saja tidak lepas dari Makanan Khas Ramadhan.

Berbagai rutinitas Ramadhan yang khas adalah sahur, buka puasa, dan shalat tarawih di malam hari.Terkait sahur, sebenarnya asupan makanan mesti diperhatikan. Orang yang berpuasa tetap harus tercukupi nutrisinya mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, hingga mineral. 

Agar puasa tetap kuat sepanjang hari sebaiknya konsumsi makanan dan minuman berikut sebagai bagian dari Menu Sahur Anda:

Menu Sahur Yang Sangat Penting :

  • Air jeruk nipis atau lemon. Fungsi mengonsumsinya adalah sebagai penguat bagian liver. Liver akan terjaga fungsinya sekaligus mentralisasi racun tubuh. Minum air jeruk nipis atau lemon dengan menambahkan perasaannya pada segelas air putih hangat.
  • Makan buah-buahan. Makanan ini memberikan asupan vitamin, mineral, hingga antioksidan. Buah juga menjadi sumber energi. Seratnya memberikan rasa kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. Konsumsi tiga porsi buah minimal 15 menit sebelum makan sahur. Buah yang bisa dipilih antara lain meon, jeruk, dan pir.
  • Karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini tidak memberikan lonjakan gula darah secara drastis. Baik peningkatan dan penurunan gula darah berlangsung lebih pelan sehingga cenderung stabil. Perut juga terasa kenyang lebih lama karena agak lama dicerna. Anda bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari nasi merah, sayuran, dan umbi-umbian.
  • Minum air putih dan hindari minuman manis. Air putih lebih sehat ketimbang teh manis untuk diminum saat sahur. Energi dari gula pasir sifatnya sementara dan mudah hilang. Akibatnya tubuh menjadi mudah lemas. teh dan kopi memberikan efek diuretik atau gampang buang air kecil sehingga memudahkan terjadi dehidrasi. 
  • Minum air putih justru memberikan cadangan cairan yang lebih baik untuk menjalani puasa sepanjang hari.
  • Mengonsumsi suplemen makanan. Suplemen ini membantu memberikan tambahan energi. Anda bisa memilih suplemen vitamin, mineral, atau yang mengandung asam lemak omega 3. Suplemen lebih diperlukan untuk Anda yang memiliki aktivitas tinggi saat berpuasa di bulan Ramadhan.


Menu Sahur Yang Sehat Menu Sahur Yang Sehat Reviewed by Unknown on 11.23 Rating: 5
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.